Sebelum Minta Naik Jabatan, Sudahkan 8 Kriteria Ini Anda Miliki?

Salah satu cara mendapatkan gaji lebih adalah dengan naik jabatan. Apakah Anda merasa layak untuk mendapat promosi? Sebelum menjawab, coba cek dulu apakah delapan kriteria karyawan yang baik berikut ini sudah Anda miliki atau belum seperti dipaparkan penasihat karir Randall S. Hansen, Ph.D. dalam situs fabjob:

1. Mau Belajar
Sebuah penelitian pernah mengungkapkan pada empat dari lima promosi, mereka yang mendapat kenaikan jabatan punya keinginan untuk belajar dari orang-orang di atasnya. Sehingga orang-orang di posisi atas ini nantinya akan membantu mereferensikan Anda untuk mendapat promosi karena melihat sisi positif diri Anda. Jadi cobalah bangun hubungan dengan para atasan dan jadikan mereka sebagai guru untuk mendapatkan ilmu dan informasi dalam menjalani karir.

2. Mampu Menonjolkan Diri
Ketika Anda merasa sudah bekerja dengan baik dan kompeten serta sebenarnya ada posisi baru yang bisa diisi, mulailah untuk menonjolkan diri. Ketika misalnya Anda mendapatkan prestasi tertentu, pastikan orang-orang tahu mengenai hal itu, terutama mereka yang memang berperan dalam menaikkan jabatan Anda.

Tak ada salahnya 'menjual diri' dan biarkan perusahaan tahu kalau Anda memang menginginkan promosi jabatan. Salah satu cara yang bisa dilakukan misalnya dengan rutin memberikan laporan soal apa saja hal-hal yang sudah Anda kerjakan dan bagaimana kemajuannya.

3. Bisa Membangun Kedekatan dengan Atasan
Tidak sedikit atasan yang membangun jarak dengan karyawannya agar mereka dapat menjaga wibawa. Jika memang atasan Anda tipe demikian, gunakan berbagai kesempatan untuk membangun kedekatan dengan atasan. Pakai alasan-alasan profesional yang bisa membuat Anda bisa mengobrol dengan dia. Anda juga bisa memanfaatkan penilaian tahunan sebagai bahan pembicaraan dengan atasan untuk mendapatkan promosi jabatan.

Cara-cara informal juga dapat Anda gunakan untuk membangun kedekatan dengan bos. Coba ketahui hobi dan ketertarikan atasan, lalu mengobrollah dengannya di sela-sela sebelum rapat, pesta atau acara luar kantor lainnya.

4. Punya Kemampuan & Pengetahuan yang Lain
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan promosi adalah dengan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan yang Anda miliki. Pastikan pengetahuan dan kemampuan lain Anda itu berguna untuk perusahaan. Anda juga harus tahu perkembangan terbaru di industri yang Anda selami. Selain itu perhatikan juga pada tren dan hal-hal lain yang bisa bermanfaat untuk tempat Anda bekerja.

5. Bisa Membangun Jaringan
Semakin banyak orang yang tahu kemampuan dan kekuatan Anda, pandangan Anda mengenai perusahaan dan tentunya ambisi karir Anda, semakin mungkin nama Anda disebut jika ada promosi jabatan. Memiliki jaringan yang luas juga bisa membuat Anda belajar lebih banyak mengenai perusahaan. Anda jadi lebih tahu hal-hal di luar bidang pekerjaan Anda.

6. Mau Mendapatkan Tanggungjawab Lebih
Ketika Anda secara sukarela mau menerima tanggungjawab lebih mengerjakan tugas di luar bidang pekerjaan, itu bisa meningkatkan nilai Anda di depan bos dan perusahaan. Dengan meminta tanggungjawab lebih ini menunjukkan Anda tertarik dan ingin membantu bagian lain dan membantu perusahaan mencapai kesuksesan.

7. Selalu Bersikap Profesional
Miliki reputasi baik di perusahaan dengan bersikap profesional, kooperatif dan bisa diandalkan. Berikut ini beberapa hal yang menunjukkan Anda sudah bersikap profesional:

- Berbusana bersih dan sesuai bidang pekerjaan.
- Bertanya jika memang tidak yakin pada tugas yang diberikan.
- Berani menjadi beda. Buat diri Anda lebih menonjol dibanding karyawan lainnya.
- Selalu melihat segala sesuatunya dengan positif, meskipun pada situasi sulit.
- Jangan mengeluh, komplain atau menyalahkan orang lain ketika segala sesuatunya tidak berjalan lancar.
- Jangan hitung-hitungan soal jam kerja.
- Jadilah problem solver. Ketika ada masalah muncul, pastikan Anda jadi orang pertama yang memberikan solusi.

8. Mampu Bekerja dengan Tim
Berhasil menyelesaikan pekerjaan tapi melakukannya sendirian, tidak membuat Anda mudah mendapatkan promosi jabatan. Sekarang ini banyak pekerjaan yang membutuhkan kerja tim bahkan antar departemen untuk diselesaikan. Ketika mampu bekerja dengan tim, di sana akan terlihat apakah Anda mampu menjadi seorang pemimpin atau tidak. Dengan bisa bekerja dengan tim, tanpa saling menyalahkan ketika terjadi kegagalan, itu bisa menjadi nilai lebih di mata atasan.